Wednesday, February 29, 2012

OPTIMASI SEO (Search Engine Optimization)

OPTIMASI SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas traffic kunjungan sebuah website / blog melalui mesin pencari situs menuju situs yang dikehendaki / dicari dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
Dengan adanya OPTIMASI SEO (Search Engine Optimization) maka semua orang yang memiliki website / blog, berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas trafficnya agar menjadi nomor satu dalam pencarian di mesin pencari (google, yahoo, bing) atau menduduki peringkat satu dalam mesin pencari (google, yahoo, bing) agar banyak pengunjung yang datang pada website / blog tersebut.

Element yang harus di amati dalam OPTIMASI SEO sebuah situs adalah

1. Site title : Judul situs (Site Header), memang tidak ada aturan yang spesifik tentang hal ini. Tetapi rata-rata search engine / mesin pencari (dan situs layanan SEO) menyarankan judul yang tidak terlalu panjang. Jadi semakin pendek URL akan semakin baik. Hal ini akan menjadi masalah tersendiri bagi situs yang Gratis seperti weebly.dan blogspot.

2. Site meta tag : Ada tiga jenis meta, yaitu : meta-title, meta description, dan meta keyword. Meta title adalah sama seperti yang diatas. Meta description adalah diskripsi sebuah situs, tentang apa yang menjadi thema konten situs itu sendir contohnya situs tentang kesehatan, olahraga, berita, bisnis, dll. Meta keyword adalah saat ini tidak lagi punya pengaruh langsung terhadap ranking halaman. Meski demikian, meta keyword tetap penting agar situs / halaman dapat ditemukan oleh visitor.

3. Sitemaps.xml : Sitemap format XML berisi daftar URL halaman yang bisa di-jelajahi (crawled), serta menyediakan informasi seberapa sering dilakukan update, kapan update terakhir dari halaman situs. Dengan sitemap ini, search engine dapat meng-indeks situs dengan lebih akurat. Kita sebaiknya men-submit sitemap ini ke Google Webmaster Tools dan Yahoo Site Explorer. Agar kedua search engine ini dapat dengan mudah dan cepat mengindeks halaman situs kita.

4. Robots.txt : File ini dibuat oleh webmaster untuk membatasi aktivitas crawler (spider) milik mesin pencari (google, yahoo, bing), agar tidak mengakses direktori dan halaman tertentu didalam website.

5. Google Analytics : layanan Google yang memonitor berbagai aspek dalam situs. Sangat berguna bagi para webmaster dalam melakukan optimasi SEO. Untuk bisa mendapatkan service ini, diperlukan verifikasi atas situs milik kita. Sayang ada beberapa hosting situs gratisan yang tidak memungkinkan kita untuk hal ini.

itulah bagian-bagian dari pengembangan OPTIMASI SEO yang paling dasar yang harus dilakukan bila ingin website / blog terindeks dalam sebuah mesin pencari.
    BISNIS ONLINE
    ====================

    0 comments:

    Post a Comment

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management