Thursday, April 5, 2012

Bisnis Internet, Peluang Usaha Potensial Yang Masih Dipandang Sebelah Mata

Dalam perkembangan dunia internet semakin tidak terbendung lagi sudah masuk ke hampir semua lapisan masyarakat di dunia ini, internet sudah merupakan bagian dari kebutuhan hidup kita sehari-hari. Begitupun dengan perkembangan bisnis online melalui media internet, merupakan lahan yang begitu potensial karena populasi pengguna internet yang semakin banyak dari hari ke hari. Dinamika bisnis internet di negara-negara yang lebih maju sudah menjadi lahan yang begitu produktif, lahan yang jadi bagian terpenting untuk menghasilkan profit. Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Tidak demikian halnya perkembangan bisnis internet di Indonesia, meskipun populasi pengguna internet di Indonesia merupakan salah-satu yang terbesar di kawasan Asia, tapi penggunaan media internet masih banyak yang belum dioptimalkan dan dijadikan lahan usaha yang potensial. Kenapa bisa seperti itu?

Ada beberapa hal yang bisa saya catat selama ini yaitu:
  • Kurikulum pendidikan kita yang sekarang ini masih menerapkan bahwa dengan sekolah tinggi dan mempunyai gelar Sarjana pasti akan memiliki pekerjaan tetap. bukan untuk menciptakan peluang dan lapangan kerja. Sehingga banyak yang berpikir lebih baik cari kerja yang jelas saja daripada sesuatu yang tidak jelas, secara tidak langsung bahwa potensi bisnis melalui media internet dipandang sebelah mata, karena ketidak pastiannya.
  • Masih ada anggapan bahwa Bisnis melalui media internet merupakan bentuk penipuan gaya modern yang terorganisir, (hanya berdasarkan pengamatan, bukan merupakan kesimpulan), sehingga menyurutkan langkah calon pelaku untuk memulai terjun ke bisnis internet.
  • Masih ada sebagian para pelaku bisnis di internet yang menganut paham “take n run” hanya untuk kepentingan sesaat, seperti dengan cara-cara penyampaian bahasa marketing yang begitu bombastis dengan hasil yang fantastis tanpa memberitahukan bagaimana sebuah proses tersebut dilakukan untuk mencapainya, sehingga tidak memberikan nilai edukasi dan pemahaman yang baik bagi calon pelaku bisnis online / bisnis internet (newbie).
  • Sebagian masyarakat kita masih menganggap bahwa bisnis melalui media internet hanya untuk orang-orang yang mengerti tentang IT, padahal sebetulnya tidak juga, malah banyak para pelaku bisnis internet yang sukses yang bukan dari latar belakang Teknik Informasi.
Ada beberapa tips sederhana dari saya supaya jangan menyurutkan langkah untuk para pemula yang mau terjun ke dunia bisnis online / bisnis internet :
  • Mulailah dari sekarang dari yang anda tahu, jangan sampai anda ketinggalan start, ketika orang lain mulai berbondong-bondong memanfaatkan media internet anda hanya bisa melihat dan menyesal.
  • Jangan takut untuk memulai karena takut salah, anda bisa lihat blog ini, banyak kesalahan yang begitu mendasar yang saya lakukan ketika memulai aktivitas blogging seperti :
  1. Melakukan copy paste diawal ngeblog dan lupa mencantumkan sumbernya.
  2. Tidak tahu cara mencantumkan link sumber artikel.
  3. Banyak menggunakan istilah yang salah.
  4. Dan masih banyak kesalahan yang lainnya yang mungkin sampai sekarang belum disadari karena belum tahu. Tapi hal itu tidak menyurutkan langkah saya untuk terus berbagi informasi dan memonetize blog ini.
  • Apabila anda mau belajar bisnis internet, belajarlah dari sumber-sumber yang terpercaya, biasanya sumber terpercaya tersebut selalu mencantumkan identitas diri yang jelas dan alamat kontak yang bisa dihubungi. Dan bila anda saat ini ingin mengetahui pembelajaran yang tepat klik disini

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management